Sabtu, 30 Juni 2012

BATAKO LATERNATIF PENGGANTI BATA MERAH

Posted by NASIKUN 20.46, under | No comments

Batako adalah jenis bahan bangunan yang berupa bata cetak alternatif, yang berfungsi sebagai pengganti batu bata. Batako ditujukan untuk konstruksi-konstruksi dinding bangunan nonstruktural, yaitu sebagai dinding pengisi yang harus diperkuat dengan rangka, yang terdiri atas kolom dan balok beton bertulang yang dicor dalam lubang-lubang batako, dan perkuatan dipasang pada sudut-sudut, pertemuan dan persilangan.

Batako merupakan alternatif bagi bata merah. Perbandingan di antara kedua bahan tersebut tidak pernah habis karena masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan yang berlainan.
Beberapa di antara kekurangan batako adalah sering dinilai kurang kuat dari bata merah, karena memiliki dimensi yang lebih besar dan berongga. Jika rongga tersebut tidak diisi dengan semen, maka daya kedap suaranya akan rendah. Batako juga tidak mempunyai sifat insulasi yang cukup baik sehingga udara di dalam bangunan menjadi lebih panas.

Meski demikian, ada pula beberapa kelebihan batako, diantaranya lebih hemat dari bata merah dari segi waktu pemasangan, jumlah pemakaian adukan, dan harga per meter persegi. Batako juga menampilkan tekstur dinding yang lebih rapi apabila tidak diberi plester atau ekspos.

0 komentar:

Posting Komentar